Profil STIE Graha Karya

Sejarah Pendirian

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah, masyarakat dan orang tua. Pendidikan merupakan investasi yang sangat berharga, sehingga pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat yang berkemampuan untuk membantu pengembangan bidang pendidikan.

Atas dasar itulah, maka melalui Pemerintah Daerah dibuka suatu yayasan pada tahun 1987, yaitu Yayasan Pendidikan serentak Bak Regam (YPSBR) melalui Akte Nomor: 138 tahun 1987 yang diketuai oleh     Drs. HASIP KALIMUDDIN SYAM (selanjutnya atas pernyataan Keputusan rapat YPSBR, telah dilakukan perubahan Badan Pengurus YPSBR melalui Akte perubahan No. 43 tahun 2001 tanggal 25 Juli 2001, maka BP-YPSBR diketuai oleh Drs. H. SALIM JUFRI, MM.

Dengan memperhatikan kondisi daerah, terutama masyarakat Kabupaten Batang Hari pada saat itu (1987), YPSBR memproses pendirian dua Lembaga Perguruan Tinggi, yaitu:

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian-Graha Karya (STIP-GK)
  2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-Graha Karya (STIE-GK)

Kedua lembaga ini telah menyelenggarakan proses pendidikan mulai Tahun Akademik 1987/1988 dengan dasar penyelenggaraan izin operasional melalui Kopertis Wilayah II Palembang pada saat itu.

Secara administrasi, untuk memperoleh izin Status Terdaftar terus diupayakan dan saat itu adalah masa transisi menjelang diundangkannya UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan PP No. 30 tahun 1990 tentang sistem Pendidikan Tinggi dan karena suatu hal, maka STIE-GK status keberadaannya ditangguhkan dan untuk menampung minat belajar masyarakat Kabupaten Batang Hari, diproses pendirian Akademi Manajemen Koperasi-Graha Karya (AMKOP-GK) yang hanya dapat didirikan satu AMKOP untuk satu propinsi, kesempatan itulah yang dimanfaatkan oleh YPSBR.

Dengan memperhatikan potensi, minat dan usulan dari masyarakat terhadap Bidang Ilmu Ekonomi, maka berdasarkan rapat Badan Pengurus tanggal 30 April 2000, YPSBR menerbitkan Keputusan Nomor: 01 tahun 2000 tanggal 30 April 2000 tentang Panitia Pendirian STIE-GK dengan susunan sebagai berikut:

Pelindung/Penasehat              :   1. H. M. Saman Chatib, SH.                                                                                           (Bupati Batang Hari)

                                              2. Burhanuddin Mahir, SH. (Ketua DPRD Kabupaten Batang Hari)

                                              3. Abdul Fattah, SH. (Kepala DISPENDA Kab. Batang Hari)

 Pembina                             :     1. Rektor Universitas Jambi
                                              2. Dekan Fakultas Ekonomi Jambi
                                              3. Drs. Aminurrasyid (Sekretaris YPSBR)
                                              4. Drs. A. Gani. T. (Wakil Sekretaris YPSBR)

 K e t u a                               : Syafruddin Effendi, SH.                                                                                                  (Sekda Kabupaten Batang Hari)

Wakil Ketua                          : 1. Hj. Yulinar saman

                                             2. Drs. Ec. Harris. AB.

 Sekretaris                              : Junaidi, SP.

Wakil Sekretaris                      : Drs. Akhmadi

Bendahara                                : Chairul Anwar, S.Ip.

Anggota                                   : 1. Drs. H. sakani Abdullah

                                                2. Drs. Riva’i Alisuddin

                                                3. Drs. Djunain

                                                4. Ahmad Fithoni, SE, MM.

                                                5. Drs. Awaluddin Jamal, MSi.

Dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku, maka pada bulan Mei 2000 YPSBR mengajukan surat permohonan pertimbangan pembukaan Program Studi Manajemen kepada Dirjen Dikti melalui Kopertis Wilayah X Padang dengan nomor: 113/YPSBR/V/2000 yang dilengkapi dengan rekomendasi dari:

  1. Rekomendasi pendirian STIE-GK dari Bupati Batang Hari Nomor: 420/2553/Sos. Tanggal 9 Mei 2000.
  2. Rekomendasi dari DPRD Batang Hari Nomor: 005/397/DPRD tanggal 10 Mei 2000.

Atas permohonan dan rekomendasi dimaksud, maka terbit Surat Koordinator Kopertis Wilayah X Padang Nomor: 372/010/KL/2000 tanggal 2 Juni 2000 yang dialamatkan kepada Dirjen Dikti Depdiknas Jakarta, sehingga pada tanggal 23 Juni 2000 melalui surat DIRGUTISWA Dirjen Dikti Depdiknas-RI Nomor: 981/D4.II/T/06/2000 tentang Persetujuan Rencana Pembukaan:

  1. Program Studi Manajemen (S1)
  2. Program Studi Akuntansi (DIII)

Sebagai tindak lanjut dari persetujuan di atas, maka pada tanggal 22 Juli 2000 YPSBR melalui surat Nomor: 123/YPSBR/VII/2000 mengajukan usul persetujuan pendirian STIE-GK dengan dua Program Studi di atas, dengan memenuhi segala persyaratan sesuai dengan Kepmendikbud-RI Nomor: 222/U/1998.

Selanjutnya atas usul persetujuan pertimbangan, maka terbit pendapat/pertimbangan dari:

  1. APTISI Wilayah X Padang tangal 9 Agustus 2000 dengan surat Nomor: 172/APTISI-X/VIII/2000.
  2. Rekomendasi Pendirian STIE-GK dari Koordinator Kopertis Wilayah X Padang tanggal 18 Agustus 2000 Nomor: 577/010/KL/2000 yang dialamatkan ke Dirjen Dikti Depdiknas-RI.

Setelah melalui proses penelitian yang meraton, maka terbitlah Keputusan Menteri Pendidikan Nasional-RI Nomor: 194/D/O/2000 tanggal 19 September 2000 tentang pendirian STIE-GK di Muara Bulian dan pemberian status Terdaftar kepada Program Studi Manajemen jenjang pendidikan Program S1 dan Program Studi Akuntansi jenjang pendidikan DIII.