Penasaran Bagaimana Cara Kerja Mobil Listrik? Simak Ini!

Bagaimana-Cara-Kerja-Mobil-Listrik

Ada alternatif lain untuk mengurangi emisi karbon saat berkendara, lalu bagaimana cara kerja mobil listrik yang bebas polutan jahat. Simak selengkapnya!

Semua orang nampaknya sudah tak lagi asing dengan produk otomotif Tesla sebab sudah mempopulerkan mobil yang berpartisipasi menciptakan lingkungan sehat bebas asap. Bahkan, diantara produsen merek terpopuler lain juga sudah mulai mengembangkan berbagai moda perjalanan yang bebas dari penggunaan minyak layaknya bensin dan solar. Namun, pernah nggak sih, jika kamu penasaran tentang bagaimana cara kerja mobil listrik? Mari kita selami fakta-fakta berikut!

Sekilas Terkait Mobil Listrik

Penggunaan baterai besar merupakan komponen terpenting guna menyalakan serta memperlangsungkan fungsi dari mobil listrik ini. Sumber gerakan motornya bukan berasal dari minyak bensin, melainkan dari kekuatan listrik atau daya yang tersimpan di batang baterai. Hal inilah yang membuatnya disebut dengan electronic car. Sama saja seperti kendaraan listrik konvensional, kamu tentulah harus melakukan pengisian daya sebelum melangkah ratusan hingga ribuan mil menggunakan mobil elektrik ini. Namun bedanya, terletak pada bahan bakarnya saja.

Bagaimana Cara Kerja Mobil Listrik?

Guna melangsungkan alat transportasi ini, maka komponen motor listrik menjadi pondasinya. Artinya harus menggunakan wadah penyimpanan yang disebut baterai. Pengisian kembali tak jauh berbeda ketika kamu hendak mengisi daya ponsel. Kamu hanya perlu mencari stasiun kontak atau aliran listrik untuk mencolok kabel daya.

Artinya, dengan sistem semacam ini, kamu tak perlu repot mengantri untuk isi bensin ke SPBU. Kelebihan lainnya suara mesin yang dikeluarkan mobil ini lebih lembut dan halus dibandingkan mobil biasa. Hal ini karena mobil listrik tidak melakukan aktivitas pembakaran minyak atau bensin untuk mulai memanaskan mesin.

Kamu akan semakin bangga, karena kinerja mobil ini tidak menghasilkan proses pembakaran fosil yang menghasilkan banyak udara beracun. Dampak positifnya, ketika kamu mempunyai kendaraan canggih tersebut, ialah bertanggung jawab sebagai penyintas lingkungan sehat. Artinya, siapapun bisa turut berpartisipasi dalam mengurangi polutan beracun yang kerap diciptakan melalui asap kendaraan konvensional.

Komponen Penting Mobil Elektrik

Terdapat komponen yang urgensi untuk menjadikan mobil ini dapat berfungsi secara lancar, dan baik, meski agak berbeda dari kebanyakan kendaraan konvensional. Komponen ini pulalah yang mempengaruhi kinerja mobil elektrik.

Baterai

Menjadi yang paling sering digunakan dalam industri modern elektronik ialah jenis baterai lithium ion. Ia mampu menjadi pemicu gerak motor melalui daya listrik yang sudah ditabung selama pengecasan. Namun harus diketahui bahwa semakin tinggi ukuran kw baterai, maka kebutuhan akan daya jadi semakin banyak.

Stasiun Pengisi Daya

Komponen tak kalah penting untuk meningkatkan kinerja dari penggunaan mobil ini adalah port ruang pengisian daya. Artinya, kalau tidak diisi layaknya laptop atau ponsel, maka mobil kamu tidak akan menyala dan menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Kamu bisa menemukan stasiun EV di beberapa titik tol di Indonesia khususnya Pulau Jawa atau melakukan secara mandiri di kediaman kamu.

Drivetrain Listrik

Roda pada mobil ini sebenarnya terhubung dengan mesin melalui drivetrain, sehingga inilah yang menyebabkan mobil elektrik kamu bisa bergerak. Drivetrain memiliki tenaga karena dipasok dengan listrik sehingga bebas karbon dioksida. Hanya dengan satu sistem kelistrikan, maka mobil ini jauh lebih ringan tanpa ribet dengan berbagai mesin.

Inverter

Inverter ini berfungsi untuk menggerakkan motor dengan membolak-balikkan arus. Kemudian, ia berperan sebagai pengontrol AC.

Motor

Traksi listrik merupakan komponen motor untuk menyalakan mobil elektrik yang beroperasi apabila mendapat sokongan daya. Ini dilakukan oleh pendorongnya yakni inverter. Semua sambungan yang dialiri kelistrikan dapat membuat kendaraan beroperasi secara baik dan lancar.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan ringkas mengenai bagaimana cara kerja mobil listrik yang dapat beroperasi karena adanya satu kesatuan komponen yang bersumber dari daya listrik di baterai. Walupun mobil ini terkesan unggul dengan manfaat mengurangi polusi lingkungan, tetapi siapapun harus mengetahui bahwa pengisian daya bisa memakan banyak waktu hingga berjam-jam dan ini bervariasi tergantung merek dan model yang sedang atau akan kamu miliki.

Back to Top