Tips Ketika Terlanjur Klik Undangan Digital Palsu: Simak Ini!

Tips-Ketika-Terlanjur-Klik-Undangan-Digital-Palsu

Meskipun terlihat sepele, namun tips ketika terlanjur klik undangan digital palsu ini dapat menyelamatkan data penting dari hackers.

Semakin hari kejahatan cyber terus mengalami perkembangan dengan berbagai modus yang tidak terduga.Salah satunya adalah melalui aplikasi perpesanan dengan berkedok memberikan undangan digital. Sehingga tips ketika terlanjur klik undangan digital palsu ini harus diketahui pengguna HP.

Tips Ketika Terlanjur Klik Undangan Digital Palsu

Meskipun kerap diabaikan, namun nyatanya banyak orang yang tertipu dengan mengklik tautan berbahaya saat mendapatkan pesan spam. Sehingga data-datanya diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pastikan langsung menghapus saat mendapatkan kiriman file undangan palsu, jangan sekali-kali dibuka terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk menghindarkan diri dari ancaman para hacker yang kerap merugikan.

Apabila kiriman tersebut didapatkan dalam sebuah grup, tidak perlu penasaran segera hapus semua tanpa sisa. Akan lebih baik ketika menginfokan kepada yang mengelola grup tersebut sehingga dapat melakukan tindakan terhadap pengirim pesan.

Namun, ketika pesan tersebut terlanjur dibuka dan ternyata didalamnya terdapat pesan.apk atau .pdf/.pdf kemudian diwajibkan untuk install sebuah aplikasi. Segera hentikan proses instalasi aplikasi tersebut dan batalkan dengan cepat.

Ketika menerima undangan dan terlanjur melakukan instalasi, bukan berarti kiamat telah datang. Masih ada beberapa tips ketika terlanjur klik undangan digital palsu yang dapat dilakukan untuk menyelamatkannya seperti berikut:

  • Hindari untuk mematikan perangkat handphone yang digunakan secara seketika.
  • Langsung matikan semua koneksi internet pada perangkat baik paket data maupun WiFi yang digunakan.
  • Buka slot kartu sim dari perangkat yang sudah kena virus tersebut, lalu pindahkan ke handphone yang lainnya.
  • Beritahukan kepada semua pihak yang memiliki kepentingan dengan Anda seperti keluarga, sahabat, kantor atau bank agar waspada. Tindakan ini untuk mengantisipasi jika ada pihak tidak bertanggung jawab yang meminta uang dengan akses akun Anda yang diretas.
  • Jangan lupa untuk segera menghapus semua aplikasi pada perangkat yang terinfeksi tersebut, terutama yang penting seperti e commerce, M-banking, e wallet dan lain sebagainya.
  • Selalu cadangkan data penting pada perangkat lain seperti laptop atau komputer.
  • Segera reset perangkat ke mode pabrik agar semua data yang ada terhapus dan tidak mudah diakses hacker.

Beberapa langkah diatas dapat membantu pengguna untuk menyelamatkan data penting yang terdapat dalam perangkat. Memang terkadang saat kurang fokus, dapat mengurangi tingkat kewaspadaan seseorang saat membaca pesan.

Tips Untuk Mengatasi saat Aplikasi WA Terlanjur Diretas

Mungkin karena sedang dalam keadaan sibuk sehingga tidak konsentrasi ketika mengklik pesan apk tersebut sehingga terlambat menyadari. Ketika sudah sadar ternyata perangkat sudah terlanjur diretas, untuk mengatasi masalah ini maka tips ketika terlanjur klik undangan digital palsu yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Instal ulang aplikasi perpesanan tersebut menggunakan HP yang berbeda untuk mendapatkan nomor OTP.
  2. Karena aplikasi ini hanya dapat aktif pada satu nomor jika tindakan diatas dapat dilakukan dengan cepat maka akun akan kembali ke pemiliknya.
  3. Sayangnya kalau peretas sudah mengaktifkan keamanan dua langkah maka harus menunggu 7 hari terlebih dahulu.
  4. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan akun WA tersebut via pengaturan lalu pilih hapus akun saya lalu kirimkan ke alamat emailnya di support.whatsapp.com.
  5. Setelah mengirimkan email yang berisi pemberitahuan bahwa akun tersebut dibajak, tunggu sampai mendapatkan balasan dari WA.
  6. Biasanya pihak aplikasi akan memberitahu jika akun tersebut sudah tidak aktif, namun selama 30 hari tidak dapat digunakan.
  7. Selama 30 hari ini akun masih ada, dan dapat diaktifkan kembali, namun kalau sudah lewat otomatis terhapus permanen.

Kesimpulan

Meskipun yakin tidak akan melakukan keteledoran dengan mengklik sembarangan pesan yang masuk. Tips ketika terlanjur klik undangan digital palsu ini sangat penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Back to Top