Radio Online VS Playlist Online, Mana yang Lebih Baik?

Radio-Online

Set radio online kini semakin terkenal setelah perkembangan era digital yang kian pesat, dan banyak orang kerap membandingkannya dengan playlist online.

Radio online punya banyak sekali penggemar yang dibuktikan dengan banyaknya aplikasi penyedia digandrungi oleh para gen Z, milenial dan pemuda dari berbagai latar belakang. Tentunya hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya, mana yang lebih baik antara radio streaming atau playlist online? Inilah beberapa pembahasannya.

Radio Online Adanya Interaksi Dua Arah

Salah satu yang membuat banyak orang lebih merekomendasikan radio online dibandingkan dengan playlist online adalah adanya interaksi dua arah, di mana pendengar bisa melakukan request lagu, kirim salam dan sebagainya. Berbeda dengan playlist only ne yang tidak memberikan feedback apapun dari segi interaksi, karena sifatnya satu arah sehingga kurang nyaman didengarkan sebagian orang, misalnya untuk kaum extrovert.

  • Kenyataan Bahwa Request Tak Selalu Dikabulkan

Berbeda dengan playlist yang sudah disusun rapi dan memberikan sajian berupa tembang kesukaan tanpa harus diminta, radio tidak bisa menawarkan hal ini karena memang sifatnya yang didengar semua orang. Jadi, alih-alih seperti playlist yang disusun rapi sejak awal, radio lebih mengutamakan jadwal random lagu tertentu sesuai tema, konsep saluran, dan sebagainya.

  • Ada Sisi Kejutan di Sajian Tembang Radio Online

Karena tidak bisa ditentukan sendiri urutan atau jenis lagu yang diputar, maka tentunya ada sisi kejutan pada setiap siaran, di mana Anda akan menjadi penasaran, melodi apa yang akan didengar hari ini. Hal tersebut tentunya menambah kenyamanan mendengar radio online supaya tidak membosankan dan lebih dinamis serta progresif, berbeda ketika mendengarkan playlist buatan sendiri.

  • Tetap Bisa Dipilih Sesuai Karakteristik Pendengar

Sama halnya seperti saluran radio konvensional, sistem streaming dari radio online juga bisa memberikan Anda aneka sajian sesuai karakteristik dan kepribadian. Karena rata-rata setiap siaran memiliki pendengar dengan karakteristik yang sesuai dengan konsep serta citra dari saluran tersebut, sehingga Anda akan bertemu sendiri dengan lagu-lagu favorit tanpa harus memaksakan diri mendengar yang tidak disukai.

  • Radio Tidak Terlalu Menyebabkan Candu

Karena playlist sifatnya hal-hal yang disukai saja, sehingga Anda bisa mendengarkannya kapan saja dan di mana saja. Hal ini ada baik dan buruknya, karena sisi negatifnya yaitu bisa didengarkan berjam-jam tanpa mengenal waktu sehingga membuat candu, berbeda dengan radio yang jam siarannya sudah ditentukan kapan mulai dan selesainya.

  • Banyak Aplikasi yang Mengakomodasi Keduanya

Apabila Anda bingung mau mengunduh aplikasi yang mengakomodasi radio atau playlist secara online, maka tak perlu khawatir karena banyak provider dengan layanan untuk mendengar radio, podcast, hingga lantunan daftar lagu. Dengan demikian Anda tak perlu repot mengunduh lebih dari satu aplikasi karena semuanya bisa berjalan beriringan.

  • Sangat Recommended Didengarkan Bersama-sama

Jika playlist online sifatnya personal dan membuat seseorang nyaman dengan diri sendiri, hal ini sedikit berbeda dengan konsep radio daring, karena lebih banyak orang bisa dan senang mendengarkannya. Dengan demikian Anda bisa menyetel radio daring ini bersama dengan orang terdekat baik teman, rekan kerja, pasangan dan keluarga.

Kesimpulan

Banyaknya akses hiburan membuat orang bisa semakin bahagia, asalkan tahu bagaimana caranya, baik itu mendengarkan radio online maupun playlist daring. Oleh sebab itu Anda bisa memilih kapan mau mendengarkan radio yang menyajikan perbincangan, lagu-lagu, kirim salam atau bahkan hanya untaian kata-kata Mutiara di aplikasi kekinian yang banyak jenisnya.

Back to Top