1. SEJARAH BERDIRINYA STIE – GRAHA KARYA

Sebagai Wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Batang Hari terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia yang disadari sangat berpengaruh terhadap laju perkembangan dan pembangunan, maka dibentuklah suatu yayasan pendidikan yang diberi nama : Yayasan Pendidikan serentak Bak Regam (YPSBR) melalui Akte Nomor: 138 tahun 1987 yang diketuai oleh Drs. HASIP KALIMUDDIN SYAM. Selanjutnya telah dilakukan perubahan Badan Pengurus YPSBR melalui Akte perubahan No. 43 /2001 tanggal 25 Juli 2001, yang saat ini diketuai oleh Drs. H. SALIM JUFRI, MM.

Pada Tahun 1987, Yayasan mengusulkan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian-Graha Karya (STIP-GK) & Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-Graha Karya (STIE-GK) ke Kopertis WIlayah II yang pada saat itu berada di Palembang, namun STIE-GK tidak keluar Izin. Dikarenakan pada saat itu STIE-GK sudah mempunyai mahasiswa, maka mahasiswa angkatan 1987 tersebut digabungkan dengan FE-UNBARI Jambi. Sebagai ganti STIE_GK, maka berdirilah Akademi Manajemen Koperasi-Graha Karya.

Selanjutnya pada tahun 2000, dengan memperhatikan potensi, minat dan usulan dari masyarakat terhadap Bidang Ilmu Ekonomi, maka yayasan membentuk Panitia Pendirian STIE-GK Yang diketua Oleh Bapak H. M. Saman Chatib, SH selaku Bupati Batang Hari dan H. Burhanuddin Mahir, SH selaku  Ketua DPRD Batang Hari.

Dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku, maka pada bulan Mei 2000 YPSBR mengajukan surat permohonan pertimbangan pembukaan Program Studi Manajemen kepada Dirjen Dikti melalui Kopertis Wilayah X Padang dengan nomor: 113/YPSBR/V/2000 yang dilengkapi dengan rekomendasi dari:

  1. Rekomendasi pendirian STIE-GK dari Bupati Batang Hari Nomor: 420/2553/Sos. Tanggal 9 Mei 2000.
  2. Rekomendasi dari DPRD Batang Hari Nomor: 005/397/DPRD tanggal 10 Mei 2000.

Atas permohonan dan rekomendasi dimaksud, maka terbit Surat Koordinator Kopertis Wilayah X Padang Nomor: 372/010/KL/2000 tanggal 2 Juni 2000 yang dialamatkan kepada Dirjen Dikti Depdiknas Jakarta, sehingga pada tanggal 23 Juni 2000 melalui surat DIRGUTISWA Dirjen Dikti Depdiknas-RI Nomor: 981/D4.II/T/06/2000 tentang Persetujuan Rencana Pembukaan:

  1. Program Studi Manajemen (S1)
  2. Program Studi Akuntansi (DIII)

Sebagai tindak lanjut dari persetujuan di atas, maka pada tanggal 22 Juli 2000 YPSBR melalui surat Nomor: 123/YPSBR/VII/2000 mengajukan usul persetujuan pendirian STIE-GK dengan dua Program Studi di atas dan setelah melalui proses penelitian yang meraton, maka terbitlah Keputusan Menteri Pendidikan Nasional-RI Nomor: 194/D/O/2000 tanggal 19 September 2000 tentang pendirian STIE-GK di Muara Bulian dan pemberian status Terdaftar kepada Program Studi Manajemen dengan jenjang Program S1 dan Studi Akuntansi dengan jenjang D-3.

2. KAMPUS STIE – GK.

1. L o k a s i

Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Karya Muara Bulian berlokasi di Jalan Gajah Mada (lebih kurang 2 Km dari Pusat kota Muara Bulian).

2. Kepemilikan

Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  Graha  Karya  Muara  Bulian  Jambi secara keseluruhan dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Serentak Bak  Regam Muara Bulian, yang pada saat ini diketuai oleh Bapak Drs. H. A. KHALIK SALEH, MM.

3. KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TUJUAN STIE.

1.  Kedudukan

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Karya  Muara  Bulian  Jambi  merupakan  Unit Organisasi/Lembaga Pendidikan Tinggi yang dipimpin oleh Ketua dan berada serta bertanggungjawab langsung kepada Yayasan Pendidikan Serentak Bak  Regam  Muara Bulian.

Pembinaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Karya Muara  Bulian  Jambi  secara organisasi  dilakukan oleh  Yayasan Pendidikan  Serentak  Bak  Regam Dan secara Akademis oleh Departemen Pendidikan Nasional melalui Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X (Sumbar-Riau-Jambi).

2.  Tugas Pokok

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Karya menyandang tugas pokok menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan kebudayaan  Bangsa Indonesia.

Pendidikan dan pengajaran diselenggarakan secara ilmiah sesuai dengan Peraturan Perundang – Undangan yang berlaku yang mengacu pada  Kurikulum Nasional (KURNAS) yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional-RI.

3.  Fungsi

Untuk melaksanakan tugas-tugas pokok, maka Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha  Karya Muara Bulian Jambi mempunyai fungsi:

  • Melaksanakan dan mengembangkan Pendidikan dan Pengajaran.
  • Melaksanakan Penelitian dalam rangka pengembangan Ilmu Pengetahuan, Tehnologi dan atau Kesenian.
  • Melaksanakan pengabdian pada Masyarakat.
  • Melaksanakan pembinaan civitas Akademika dan hubungan dengan lingkungan.
  • Melaksanakan kegiatan pelayanan administratif.

4.   Tujuan.

  • Membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang Pancasilais, bertaqwa   kepada Tuhan Yang Maha Esa disertai dengan pemilikan Ilmu Pengetahuan dan keterampilan yang tinggi, kreatif dan bertanggungjawab, demokratif, berbudi luhur, mencintai  masyarakat   bangsanya  dan  sesama manusia.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi.
  • Mengamalkan Ilmu dan Tehnologi kepada Msyarakat guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.